Senin, 16 Mei 2011

Rias pengantin Solo basahan sebagai romansa klasik nusantara







Tema rias pengantin klasik terutama yang berasal dari tradisional nusantara selalu mendapat hati dari beberapa calon pengantin di Indonesia. Pesonanya selalu ingin ditampilkan sepanjang masa terutama di zaman moderen saat ini. Salah satu Rias pengantin klasik Jawa Tengah yaitu Rias pengantin Solo basahan sebagai romansa klasik nusantara. Pesonanya selalu memikat hati calon pengantin yang menginginkan nuansa pernikahan seperti para bangsawan kerajaan zaman dahulu.

Ya, romansa yang selalu melekat pada pengantin para bangsawan Keraton Solo. Serasa berada di lingkungan kerajaan walau dilakukan oleh banyak Masyarakat Jawa. Zaman dulu, rias pengantin ini tidak boleh dipergunakan oleh rakyat biasa. Rias solo basahan hanya boleh dipergunakan oleh para bangsawan keraton. Walaupun keberadaan keraton ini masih ada, mereka masih memperbolehkan rakyat biasa menggunakannya.

Dengan alasan ingin menampilkan romansa tempo dulu, Ika dan Marsono memilih tata rias pengantin solo basahan sebagai tema utama resepsi pernikahan mereka. Tata rias pengantin dan busana ini mereka kenakan mulai dari acara pemberkatan di gereja dan acara resepsi pernikahan di rumah. Penampilan keseluruhan kedua pasangan ini bak ratu & raja Keraton Solo. Suasana  Wedding Klasik Jawa memang terasa sekali dalam penampilan kedua mempelai.

Busana pengantin kedua mempelai menggunakan kain batik yang bertumpuk dan berlapis untuk menutupi bagian tubuh pengantin. Kain yang dipakai merupakan pakem dari rias pengantin Solo basahan. Kain yang dipilih berwarna hijau keemasan. Sedangkan make up mempelai wanita juga memakai pidi dan mahkota di kepala sebagai ciri Pengantin Solo. Sedangkan aksesoris yang dipakai mempelai pria menggunakan belangkon solo basahan sebagi mahkotanya.

Dekorasi pelaminan di rumah memakai dekorasi yang sederhana. Dekorasi menggunakan kain berwarna putih sebagai pelambang cinta mereka, dipadu dengan rangkaian bunga segar. Kain yang dibingkai oleh frame ukiran dengan warna emas terasa padu dengan tata rias solo basahan dari kedua mempelai berdua. Terimakasih untuk Ika & Marsono yang telah memilih Syifarah-Griya rias pengantin & busana guna menyelenggarakan resepsi pernikahannya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...